Frequently Asked Questions (FAQ)

Pada artikel ini memaparkan beberapa pertanyaan yang sering diajukan sekitar aktivitas keuangan terutama di dalam Finance Cloud dan jawaban atas pertanyaan tersebut.

Umum

Fitur


UMUM

  • Apa saja kebutuhan minimum untuk mengakses Finance Cloud?
    Finance Cloud mudah diakses dengan segala jenis PC maupun smartphone yang terhubung dengan internet dengan minimal menggunakan jaringan HSDPA (H+)
  • Paket apa sajakah yang tersedia?
    Saat ini hanya tersedia paket Silver. Untuk rincian nya dapat dilihat pada Daftar Harga.
  • Bagaimana untuk keamanan datanya?
    Finance Cloud menjamin keamanan infrastruktur seperti data center dan hardware, prosedur maintenance hardware yang rutin dan tenaga teknisi yang handal.
    Untuk privasi data Pelanggan dalam Finance Cloud, Kami menjamin data tidak akan tersebar luaskan ke pihak lain. Hanya staff Finance Cloud dan Pelanggan yang dapat mengakses seluruh data yang tersimpan pada Finance Cloud.
  • Bagaimana caranya jika ingin request demo Finance Cloud?
    Anda bisa mendaftar untuk akses demo dengan menghubungi kami di http://financecloud.id/#kontak.
  • Apa saja yang perlu disiapkan saat pertama kali menggunakan Finance Cloud?
    Data yang perlu disiapkan oleh klien :

    1. Unit kerja : disesuaikan dengan data di SiakadCloud maupun GofeederCloud baik nama maupun kode nya. Untuk template nya akan kami sediakan.
    2. COA (chart of account) : diusahakan diisi lengkap pada masing-masing jenis COA. Untuk template nya akan kami sediakan.
    3. Akun Kas & Bank : Optional. Untuk template nya akan kami sediakan.
    4. Anggaran Tahunan :Untuk template nya akan kami sediakan, dapat menyusul setelah pelatihan
    5. Saldo awal akun : diisi saldo awal masing-masing akun, terutama pada COA Harta/Aset/Aktiva, Hutang/Kewajiban/Liabilitas/Pasiva, Ekuitas/Modal. Data adalah saldo awal h-1 bulan dari tanggal kontrak.
    6. Transaksi harian penerimaan & pengeluaran : Data adalah transaksi pada h-1 bulan dari tanggal kontrak sebulan penuh.
    7. Semua Laporan Keuangan yang dimiliki klien : Data adalah transaksi pada h-1 bulan dari tanggal kontrak.
  • Apa saja yang perlu dilakukan saat pertama kali menggunakan Finance Cloud?
    Selengkapnya dapat anda lihat di Getting Started.

FITUR

  • Berapa maksimal user yang dapat didaftarkan?
    Finance Cloud memberikan fasilitas UNLIMITED USER, jadi Anda dapat mendaftarkan sebanyak mungkin user untuk mengakses Finance Cloud.
  • Model pencatatan menggunakan cash basis atau accrual basis?
    Secara default kami mengakomodir pencatatan secara cash basis karena hanya ada pencatatan transaksi penerimaan dan pengeluaran. Bila ingin akrual bisa dengan memanfaatkan jurnal umum/memorial tetapi masih harus dilakukan secara manual. Ke depannya Kami akan melengkapi fitur agar bisa mengakomodir pencatatan secara akrual. Beritahu saya melalui email tentang fitur baru yang akan dirilis.
  • Apakah bisa mengakomodir Yayasan dengan beberapa Perguruan Tinggi sekaligus?
    Finance Cloud saat ini mengakomodir 1 pembukuan untuk 1 database. Jika pembukuan lebih dari 1 (Misal, Yayasan dengan beberapa Perguruan Tinggi di bawahnya) akan dilakukan pencatatan secara terpisah menggunakan akun dan database terpisah. Silahkan hubungi Kami untuk keterangan lebih lanjut.
  • Apakah bisa jika diimplementasikan tetapi data anggaran masih belum siap?
    Bisa, dengan menginputkan transaksi melalui transaksi masuk dan transaksi keluar. Untuk data anggaran bisa disusul selanjutnya.
  • Apa saja data yang dapat dimigrasikan ke Finance Cloud?
    Finance Cloud menyediakan layanan untuk import data dari file excel antara lain :

    • Unit Kerja
    • Chart of Account (Daftar Akun)
    • Akun Kas & Bank
    • Anggaran Tahunan
    • Transaksi Jurnal Umum / Memorial