Mencatat Pengakuan Hutang

Jika Anda memiliki suatu kewajiban tiap bulan seperti membayar gaji pegawai atau membayar berbagai biaya operasional seperti listrik, air, internet dan lain-lain, namun disaat itu Anda tidak dapat melakukan pembayaran tersebut dan akan dilunasi di bulan lainnya, maka anda dapat mengakui biaya tersebut sebagai Hutang.

Hal ini bertujuan agar setiap bulan Anda tetap dapat mencatat biaya tersebut sehingga laba rugi anda tetap stabil.

Dalam studi kasus ini Kami menggunakan contoh akun Hutang Gaji dan Hutang Biaya. Namun tidak menutup kemungkinan dapat diimplementasikan pada studi kasus hutang yang lainnya.

Ringkasan skema pembuatan transaksi ini :

  1. Saat mengakui hutang:
    Akun Debit Kredit
     Biaya Gaji/Biaya Listrik xxx
     Hutang Gaji/Hutang Biaya xxx


    Untuk cara pembuatan yang lebih detail dapat anda lihat pada menu Jurnal Umum.

  2. Saat pelunasan hutang: Transaksi Keluar dengan detail Hutang Gaji/Hutang Biaya


    Untuk cara pembuatan yang lebih detail dapat anda lihat pada menu Transaksi Keluar.

Jika Anda belum memiliki akun tersebut dapat Anda tambahkan pada menu Kode Akun.