Penerimaan Mahasiswa

Halaman ini digunakan untuk melakukan penarikan data dan mengelola transaksi penerimaan mahasiswa maupun transaksi penerimaan mahasiswa baru (PMB).

Untuk menuju halaman ini dapat memilih menu Transaksi ⇒ Penerimaan Mahasiswa

Pada menu ini Anda dapat:

 

Melakukan Sinkronisasi / Penarikan Data Penerimaan Mahasiswa

  • Pada halaman utama penerimaan mahasiswa, klik tombol SINKRONISASI
  • Pilih interval tanggal awal dan akhir untuk data yang akan ditarik. Maksimal interval adalah 1 bulan. Kemudian klik SINKRONISASIKAN untuk memulai proses penarikan data penerimaan mahasiswa dari SIM Keuangan Mahasiswa SiAkad Cloud maupun GoFeeder Cloud.

    Catatan :

    1. Jika sebelumnya belum ada data, maka sistem otomatis membuatkan data baru sesuai dengan yang ada di SIM Keuangan Mahasiswa SiAkad Cloud maupun GoFeeder Cloud
    2. Jika Anda melakukan perubahan /penghapusan data hasil sinkronisasi, apabila Anda melakukan sinkronisasi ulang maka data tersebut akan berubah sesuai dengan yang ada di SIM Keuangan Mahasiswa SiAkad Cloud maupun GoFeeder Cloud
    3. Jika Anda telah melakukan posting data penerimaan mahasiswa ke jurnal, apabila Anda melakukan sinkronisasi ulang maka data yang telah diposting tidak akan terpengaruh apa-apa.

 

Mengatur / mengubah Data Penerimaan Mahasiswa

  • Setelah Anda selesai melakukan sinkronisasi data, Anda dapat mengaturnya dengan melakukan cross-check pada bagian berikut :

    Keterangan :

    1. Diterima Kas/Bank : diisi dengan akun Kas/Bank dimana transaksi tersebut diterima sesuai dengan yang terdaftar pada menu Akun Kas & Bank.
      Data ini akan otomatis terisi apabila akun rekening kas/bank penerima dari transaksi penerimaan mahasiswa yang terdaftar di SIM Keuangan Mahasiswa telah dihubungkan dengan akun rekening kas & bank yang terdaftar di Finance Cloud pada menu Pemetaan Kas & Bank
    2. Tahun Anggaran : data ini akan otomatis terisi dengan tahun anggaran yang aktif sesuai dengan yang ada pada menu terpilih otomatis sesuai dengan tahun anggaran yang aktif pada menu Tahun Anggaran
    3. Unit : diisi dengan Unit Kerja/Jurusan/Prodi/Fakultas dimana transaksi tersebut diterima / mahasiswa tersebut terdaftar sesuai dengan yang terdaftar pada menu Unit Kerja.
      Data ini akan otomatis terisi apabila Unit Kerja yang terdaftar di SIM Keuangan Mahasiswa memiliki kode yang sama persis dengan yang terdaftar di Finance Cloud
    4. Kode akun : diisi dengan kode akun yang menggambarkan transaksi penerimaan tersebut sesuai dengan yang terdaftar pada menu Kode Akun dengan Jenis Kode Akun Pendapatan.
      Data ini akan terisi otomatis apabila Anda sudah membuat aturan transaksi penerimaan mahasiswa pada menu Peraturan Kode Akun.
  • Anda dapat menampilkan data sesuai dengan kebutuhan Anda dengan memanfaatkan filter-filter berikut:
    1. Tanggal awal/akhir : menampilkan data penerimaan mahasiswa yang sudah disinkronisasikan sesuai dengan interval yang ditentukan
    2. Status Pembayaran : menampilkan data sesuai dengan kondisi status pembayaran penerimaan mahasiswa yaitu Berhasil, Batal (void) atau semua.C:\Users\sevima\AppData\Local\Temp\SNAGHTML4c7393ab.PNG
    3. Pembayar : menampilkan data sesuai dengan tipe pembayar yaitu Mahasiswa, Pendaftar atau semua.
    4. Tahun Anggaran : menampilkan data sesuai dengan tahun anggaran transaksi tersebut dibuat. Pilihan yang dapat Anda pilih adalah Belum Diisi dan sesuai dengan yang terdaftar pada menu Tahun Anggaran
    5. Diterima Kas/Bank : menampilkan data sesuai dengan akun Kas/Bank diterima. Pilihan yang dapat Anda pilih adalah Semua, Belum Diisi, dan akun-akun yang terdaftar pada menu Akun Kas & Bank
    6. Unit : menampilkan data sesuai dengan unit dimana transaksi tersebut terdaftar. Pilihan yang dapat Anda pilih adalah Semua, Belum Diisi, dan unit yang terdaftar pada menu Unit Kerja
    7. Posting : menampilkan data sesuai dengan status posting transaksi tersebut yaitu Semua, Belum Diposting dan Sudah Diposting
    8. Pengisian Kode Akun : menampilkan data sesuai dengan kondisi pengisian kode akun yaitu Semua dan Belum Diisi.
  • Setelah Anda melakukan cross-check dan perbaikan data tersebut, Anda dapat menyimpan perubahannya dengan klik tombol pada data tersebut
  • Atau juga bisa dengan centang check box pada data transaksi yang ingin disimpan, kemudian tekan tombol SIMPAN untuk menyimpan data yang sudah dipilih

    Catatan :
    Anda tidak dapat mengubah data selain yang disebutkan pada poin pertama di atas, kecuali Anda mengubah atau memang ada perubahan data pada SIM Keuangan Mahasiswa dan melakukan sinkronisasi ulang dengan cara yang disebutkan pada Melakukan Sinkronisasi / Penarikan Data Penerimaan Mahasiswa atau juga bisa dengan klik tombol pada masing-masing data jika Anda hanya ingin sinkronisasi ulang untuk data tersebut.

 

Menghapus Data Penerimaan Mahasiswa

  • Centang check box pada data transaksi yang ingin dihapus, kemudian tekan tombol untuk menghapus data yang sudah dipilih
  • Atau juga bisa dengan klik tombol pada salah satu list transaksi pada halaman utama untuk menghapus

 

Posting Data Penerimaan Mahasiswa ke Jurnal

Untuk melakukan posting penerimaan mahasiswa ke jurnal dapat Anda lihat di Posting Jurnal.